30.5.12

Membuat link terbuka di tab baru
Unknown30.5.12 1 komentar


Membuat link terbuka di window/tab baru adalah hal penting, yaitu agar visitor tetap memiliki akses terhadap page referral di mana dia menemukan link baru untuk di-klik. Selain itu, bagi pemilik blog/website hal ini juga menguntungkan karena visitor tidak segera meninggalkan halaman blog/website karena adanya window baru yang harus dibuka.

Selain itu, posting artikel yang tengah dibaca oleh visitor juga tidak menghilang tergantikan oleh halaman baru dari link yg di-klik oleh visitor. Visitor tetap dapat membaca artikel hingga selesai sambil melihat referensi link yg terdapat di dalam posting. Sebagai contoh klik link ini. Link yg saya referensikan menuju halaman yg terbuka melalui window baru. Anda masih memiliki halaman ini untuk kembali dilihat dan dibaca.

Berikut tag yang saya gunakan untuk link tersebut:
<a href="http://www.doku-media.com" target="_blank">buka link di tab baru</a>
Kode target="_blank" adalah perintah kepada browser untuk membuka link di window baru. Dalam beberapa bentuk lain, ada juga yang menggunakan kode target="blank"atau target='_blank'dan semuanya bekerja alias efeknya sama.

Dasar tag sebagai perintah untuk membuka window baru dari sebuah link adalah target dan target="_self" adalah perintah  dasar untuk membuka link di window yang sama. Secara default, halaman-halaman web biasanya telah memiliki perintah ini secara otomatis, sehingga tidak perlu ditambahkan lagi. Kode ini secara khusus digunakan untuk halaman yang memiliki frame-frame.

Jika link di dalam konten/posting anda banyak dan anda ingin agar window/tab baru yang dibuka oleh pengunjung tidak terlalu banyak, anda dapat memberikan kode perintah target="output" di dalam link-link agar terbuka di window baru yang sama (remote window). Sebagai contoh klik link-link di bawah ini:
 Ini kode yang dipakai untuk link-link diatas:
<a href="http://www.doku-media.com/search/label/template" target="output">Contoh Link tab baru yang sama</a>
<a href="http://www.doku-media.com/search/label/download" target="output">Link tab baru yang sama 2</a>
<a href="http://www.doku-media.com/search/label/tips-and-trick" target="output">Link tab baru yang sama 3</a>
Untuk membuat semua link yang ada di dalam blog/website terbuka di window baru secara otomatis, sisipkan kode <base target='_blank'/> atau <base target="_blank"> diantara <head> dan </head> di dalam template HTML. Ganti _blank dengan output jika ingin semua link di blog/website terbuka di window baru yang sama.

Doku- Media -- tips and Trick --- Membuka Link di Window atau Tab baru

About The Author Braden Greews Penulis Blog Termanis yang Pernah ada di Dunia, Keinginannya adalah membantu semua orang yang kesulitan, dengan harapan dikemudian hari akan dikenang sepanjang masa sebagai Pahlawan hahaha
Facebook and Twitter

1 comment:

  1. ternyata ada di sini yah cara2nya.. hehehehe. tinggal minta tolong langsung ke orang yg punya web ini,beressssss. ga pake ribet...hahahaha

    ReplyDelete